PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YADIKA 4

by Lanny Sirait S.Pd06 Nov 2021

Visi Dan Misi
Visi
Menghasilkan tenaga kerja, berkarakter, berjiwa wirausaha dan menguasai teknik informatika
Misi :
  1. Menumbuhkan nilai pancasila dan berbudi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Melaksanakan pembelajaran bimbingan dan pelatihan sehingga menghasilkan tamatan yang berjiwa wirausaha dan berdedikasi tinggi.
  3. Meningkatkan pembelajaran berbasis teknologi informasi.
Tujuan Umum
Menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang terintegrasi dan kecakapan kerja dalam bidang Akuntansi dengan menerapkan kewiraswastaan serta mampu mengadaptasi perkembangan masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta dapat memenuhi tuntutan dunia kerja masa sekarang dan masa yang akan datang.
 
Tujuan Khusus
Program studi keuangan – kompetensi keahlian Akuntansi bertujuan menyiapkan siswa/tamatan:
  • Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional sebagai Teknisi Akuntansi Yunior
  • Mampu mengelola dokumen keuangan secara manual maupun berbasis komputer.
  • Mampu membuat laporan keuangan secara manual maupun berbasis komputer.
  • Mampu menggunakan software komputer akuntansi secara akurat.
  • Mampu membuat analisa perhitungan pajak dengan benar.
 
Jabatan Dan Lingkup Pekerjaan
Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Studi Keuangan – Kompetensi Keahlian Akuntansi adalah sebagai Teknisi Akuntansi Yunior dengan lingkup pekerjaan mengelola dokumen kas,  mengelola piutang dan utang, mengelola persediaan, mengelola aktiva tetap, melakukan kegiatan entry jurnal, memposting ke buku besar dan menyajikan laporan keuangan secara manual dan atau komputerisasi baik pada perusahaan jasa, dagang maupun manufaktur.
                     
Debora Lim lulusan tahun 2019
 
Kompetensi Tamatan
Kemampuan Umum: Tamatan program studi keuangan – kompetensi keahlian Akuntansi dapat menampilkan diri sebagai manusia yang berkualitas, berkarakter, berakhlak dan berbudaya sehingga memiliki sikap berbudi pekerti luhur, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta mempunyai tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan
Kemampuan Produktif: Kompetensi Produktif yang dimiliki tamatan program keahlian Keuangan – kompetensi keahlian Akuntansi adalah memproses dokumen dana kas kecil, memproses dokumen dana kas di Bank, memproses entry jurnal, memproses buku besar, mengelola kartu piutang, mengelola kartu utang, mengelola kartu persediaan, mengelola kartu aktiva tetap, menyelesaikan siklus akuntansi, mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet, dan mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi (MYOB).

SUMBER DAYA MANUSIA
Dengan didukung tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi pendidikan S1 dan S2 serta memiliki Akta Mengajar. Jumlah tenaga pengajar kompetensi Akuntansi ada 5 orang .Juga memiliki 2 orang ASESOR dari Lembaga Sertifikasi Profesi  Teknisi Akuntansi BNSP

 
FASILITAS PEMBELAJARAN
Sarana dan prasarana yang dimiliki Kompetensi Keahlian Akuntansi meliputi gedung, ruang kelas/teori, laboratorium dan lain-lain. Laboratorium Komputer Akuntansi dengan ruang ber AC , ada 24 unit komputer, 1 unit printer, 1 unit LCD serta 40 unit kalculator.

TUK (Tempat Uji Kompetensi)
Kompetensi Keahlian Akuntansi melakukan Uji Kompetensi keahlian yang bekerjasama dengan pihak DUDI sebagai sarana nilai tambah bagi siswa untuk memperoleh Sertifikat Uji Kompetensi dari pihak DUDI.

Untuk Uji Kompetensi tahun ini ada 76 peserta semuanya dinyatakan “KOMPETEN” semua dengan memperoleh “SERTIFIKAT”.
Kegiatan Uji Kompetensi Kehlian (UKK) 

#smkyadika4
#akuntansi
#aklsmkyadika4

Bagikan ke :