MOVING CLASS: BELAJAR KEARSIPAN LANGSUNG PADA AHLINYA DI ANRI

by Irma Yanti Hadi25 Mei 2022

SMK Yadika 4 Kota Tangerang - Pada Rabu (25/5), siswa/i kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) melaksanakan kegiatan kunjungan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka menambah pemahaman dan wawasan siswa/i dalam mata pelajaran Kearsipan. Kegiatan ini kami juga kami anggap sebagai penerapan moving class (kelas berpindah), dimana kali ini kelas berpindah dari sekolah ke lembaga di luar sekolah. Ya, siswa/i kami ajak untuk mendatangi langsung “guru” Kearsipan di ANRI.

Kunjungan ini diikuti oleh 30 siswa/i dan 4 guru pendamping. Siswa/i mendapatkan materi mengenai Dasar – Dasar Kearsipan yang disampaikan oleh staf ANRI Bapak Agus Nurul Iman, A.Md, dkk. Selain itu, siswa/i juga diajak untuk berpikir kritis melalui diskusi langsung dengan pemateri. Kegiatan di pemberian materi di Ruang Noerhadi Magetsari diakhiri dengan games Kahoot sebagai tes setelah materi. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi foto bersama.



Siswa/i juga berkesempatan untuk mengunjungi Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa, dan dibimbing langsung oleh staf humas, Bapak Renzo Alfarado. Didalam ruang Diorama ini, siswai/i diajak untuk melihat Indonesia dari masa-masa kerajaan, penjajahan, pendudukan, kemerdekaan, hingga reformasi.

Terima kasih SMK Yadika 4 ucapkan kepada ANRI dan staf yang membimbing kami selama kunjugan. Semoga siswa/i kelas X OTKP semakin bertambah pengetahuannya mengenai Kearsipan melalui pengalaman belajar langsung di ANRI ini. Dan, semoga pembaca mendapat sekilas pengetahuan mengenai ANRI melalui tulisan ini.

Dokumentasi.











Bagikan ke :