Kegiatan Keagamaan dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik

by Admin01 Agu 2023

smkyadika4.sch.id - Membangun karakter siswa-siswi yang baik sangat penting. Apalagi di jaman serba canggih yang memberikan pengaruh positif dan negatif. Salah satu cara yang dilakukan SMK Yadika 4 dalam menjaga dan membangun karakter yang baik tersebut adalah dengan meningkatkan kegiatan keagamaan salah satunya Sholat dan Tausiyah Dhuha untuk yang beragama Islam dan Doa Bersama untuk agama Kristen dan Katholik. Kegiatan yang dilakukan dua minggu sekali pada hari kamis pagi diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa-siswi SMK Yadika 4.

Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan, dilakukan dengan perencanaan dan pengontrolan oleh guru-guru yang bersangkutan. Selain itu, siswa dituntut untuk melakukan pembiasaan pelaksanaan kegiatan keagamaan baik di sekolah maupun di rumah. efektivitas kegiatan keagamaan yang berdampak pada pembentukan karakter siswa yang terdiri dari dua faktor, yaitu faktor ekstern yang meliputi: semangat belajar siswa dan saling mengajak di antara para siswa, kemudian faktor intern yang meliputi: motivasi dari para guru, keaktifan guru dalam setiap kegiatan keagamaan, guru yang menjadi koordinator setiap kegiatan senantiasa mengontrol berjalannya kegiatan tersebut.

Adapun faktor penghambat efektivitas kegiatan keagamaan yang berdampak pada pembentukan karakter siswa, kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua siswa, kurangnya minat siswa yang mempengaruhi kerajinan mereka, dan kurangnya sarana penunjang.

Berikut ini adalah beberapa foto kegiatan keagamaan rutin SMK Yadika 4

Kegiatan Sholat dan Tausiyah Dhuha







Kegiatan Doa Bersama




Bagikan ke :